Monday 25 January 2010

Replika Menara Eiffel di Tasikmalaya (Foto)

Anda tentu tahu menara Eiffel di Perancis yang dibuat Gustave Eiffel tahun 1889 dari konstruksi besi dan tingginya 320 meter?


Menara yang terkenal itu sampai sekarang menjadi inspirasi bagi orang-orang untuk menirunya, baik dalam bentuk model, miniatur, suvenir, dan bahkan replika-nya. Replika di Tianducheng Shanghai Cina tingginya 108 meter.

Tasikmalaya mungkin merupakan kota pertama di dunia yg membuat replika-nya dari bahan non-metal kira-kira 2 tahun stlh berdirinya menara Eiffel asli. 



Replika menara Eifel dibuat di Tasikmalaya dibuat dari bambu dalam rangka perayaan penobatan Ratu Belanda Wihelmina tahun 1898. dirancang dan dilaksanakan oleh inspektur Air AH van Bebber di Pendopo Tasikmalaya.

Dari foto tersebut dengan melihat perbandingan tinggi manusia dan menara, kemungkinan tingginya sekitar 40-50 meter. Letak pembangunannya tidak jelas, apakah di alun-alun depan pendopo atau dimana.

Replika menara Eiffel bambu Tasikmalaya jauh lebih tinggi dari replika menara Eiffel bambu yg dibuat di Erasmusburg Rotterdam Negeri Belanda April 2008 yg tingginya hanya 15 meter. [1]


[2] Koleksi Tropenmuseum

1 comment:

  1. subhanallah...saya kok baru tau bahwa di Tasik pernah dibangun replika menara eiffle.....malu juga. saya hidup disana dari lahir hingga SMA kok di sekolah gak pernah dikenalkan, didongengkeun minimal.....waduh......Itu sebenarnya luar biasa, jaman dahulu sdh pernah ada bangunan dengan konstruksi tingkat tinggi yang dibuat dari bambu, yg nota bene sampai sekarang pohon tersebut masih banyak ditemui di daerah Tasik tercinta...

    ReplyDelete

linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...