Sunday 30 May 2010

Arti Lambang / Logo Kabupaten dan Kota Tasikmalaya





Arti Lambang / Logo Kabupaten Tasikmalaya


Perisai bersudut lima berwarna putih menunjukan sifat gotong royong yang berintikan Pancasila, melambangkan kepribadian, adat istiadat, kepercayaan dan kebudayaan rakyat daerah, sejak dulu sekarang dan ...

- Gunung melukiskan Gunung Galunggung berwarna biru yang melambangkan ciri Tasikmalaya.

- Simbul Industri melambangkan sebagaian dari sumber penghidupan rakyat beserta kekayaan alam di daerah Kabupaten Tasikmalaya.

- Tiga Buah Sungai melambangkan pemberi sumber kehidupan rakyat.

- Sawah berwarna hijau terdiri dari 17 petak, melambangkan kesuburan/kemakmuran rakyat yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.

- Sawah berwarna kuning melambangkan sebagian penghidupan rakyat yang didapat dari kerajinan tangan.

- Bambu Runcing terbuat dari haur kuning melambangkan sejarah perjuangan rakyat daerah Tasikmalaya dalam mengusir kaum penjajah.

- Pita Kuning Melambai bertuliskan "Sukapura Ngadaun Ngora" melambangkan kemajuan yang abadi.

- Warna Putih Mengkilat melambangkan tekad suci;
- warna hitam berarti kekal dan abadi;
- warna kuning melambangkan keadaan yang gilang gemilang (keemasan);
- warna hijau melambangkan kehidupan yang tertinggi, adil dan subur makmur;
sedangkan warna biru berarti kesetiaan dan kejujuran.


Arti Lambang / Logo Kota Tasikmalaya

Peraturan Daerah Kota Tasikmalaya Nomor : 1 tahun 2002 tentang Lambang Kota Tasikmalaya, bahwa Kota Tasikmalaya perlu mempunyai jati diri yang dituangkan dalam bentuk Lambang Kota yang mencerminkan karakteristik dan ciri khas Kota Tasikmalaya dari berbagai aspek, memiliki makna atau arti dan filosofi yang jelas dan singkat, memiliki nilai estetika, ada motto yang menunjukan nilai-nilai luhur masyarakat Kota Tasikmalaya.

Dalam Peraturan Daerah ini yang dimaksud dengan :
1. Kota adalah Kota Tasikmalaya ;
2. Pemerintah Kota adalah Pemerintah Kota Tasikmalaya ;
3. Walikota adalah Walikota Tasikmalaya ;
4. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah adalah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Tasikmalaya;
5. Lambang Kota adalah Lambang Kota Tasikmalaya



(1) Lambang Kota Tasikmalaya berbentuk Tameng/ Perisai, dengan warna dasar biru muda yang didalamnya terdapat gambar, warna dan bentuk serta dibagian atas terdapat tulisan “ KOTA TASIKMALAYA “ dan dibagian bawah terdapat tulisan KOTA RESIK dengan warna huruf Hitam di atas Pita Warna Putih.

(2) Lambang Kota Tasikmalaya terdiri dari 3 (tiga) bagian dengan perincian sbb :
a. Bagian depan terdiri dari :
1. Gambar Payung Geulis artinya Pelindung, merupakan simbol perlindungan Hukum dari Pemerintah Kota Tasikmalaya kepada masyarakat dan semua aset kehidupannya.  

Warna Merah dan Putih Melambangkan bendera yaitu sebagai simbol pemersatu antar etnis, suku dan Agama. Pegangan payung berjumlah lima melambangkan Pancasila sebagai falsafah Negara. Simbol gambarnya di ambil dari salah satu hasil kerajinan masyarakat Kota Tasikmalaya


2. Tulisan / motto KOTA RESIK dimana konsepnya diambil dari :
  • Kota Tasikmalaya dengan masyarakatnya yang hidup bergotong-royong dan masyarakatnya yang rajin dan kreatif sehingga menjadi Kota yang Ramah, Rukun, Repeh, Rapih dan Rancage ;
  • Kota Tasikmalaya dengan penataan Kotanya yang representatif sehingga menjadi Kota yang Endah ;
  • Kota Tasikmalaya dengan sumber daya manusianya yang baik ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai sehingga menjadi Kota yang Sehat Jasmani, Rohani, Sosial dan Spiritual ;
  • Kota Tasikmalaya dengan masyarakatnya yang religius sehingga menjadi Kota yang masyarakatnya Iman dan Taqwa ;
  • Kota Tasikmalaya dengan tanahnya yang subur Kotanya yang aman serta kondisi perekonomiannya yang baik sehingga menjadi Kota yang Kerta Raharja.
3. Tulisan “ KOTA TASIKMALAYA “ menunjukkan sebutan bagi Kota dan Pemerintah Kota Tasikmalaya.
4. Pita mengandung makna sebagai penghargaan terhadap nilai-nilai luhur/filosofi kehidupan masyarakat Kota Tasikmalaya.




b. Bagian tengah terdiri dari :
1. Gambar Kubah Mesjid sebagai simbul Kota Santri. 

Penerapan simbol ini sebagai perwujudan dari image atau citra yang sudah melekat di masyarakat, bahwa Kota Tasikmalaya sebagai Kota Santri. Disamping itu sejak dahulu Kota Tasikmalaya dikenal sebagai Kota yang paling banyak pesantrennya.


2. Gambar Gunung artinya kokoh/kuat 

Merupakan simbol kekuatan masyarakat Kota Tasikmalaya dari segala guncangan dan gangguan. 
Gunung digambarkan lebih dari satu untuk mengingatkan kembali Kota Tasikmalaya sebagai Kota Sepuluh Ribu Bukit. Warna biru pada gunung bermakna kenangan atau panineungan


3. Gambar Bangunan/Pabrik artinya pembangunan.

Merupakan simbol keberhasilan Pemerintah Kota Tasikmalaya dari semua aspek kehidupan khususnya di bidang pembangunan. Terbentuknya Kota Tasikmalaya juga merupakan salah satu hasil dari berkembangnya pembangunan. Penerapan simbol ini juga bermakna sebagai Kota yang berkembang menuju Kota Industri. Jendela berjumlah 17 bermakna sebagai hari diresmikannya Kota Tasikmalaya yaitu tanggal 17 Oktober 2001.
4. Gambar Bordir Bunga artinya Harum. 

Merupakan Simbol kemashuran Kota Tasikmalaya, sebagai dampak positif dari kehidupan masyarakatnya yang rajin dan kreatif, Kota Tasikmalaya menjadi harum dan dikenal. Warna Kuning Mengandung arti keemasan atau kejayaan. Simbol gambarnya diambil dari salah satu hasil kerajinan masyarakat Kota Tasikmalaya

5. Gambar Anyaman Bambu artinya Gotong Royong. 

Merupakan dasar Kehidupan Masyarakat Kota Tasikmalaya. Penerapan Simbol ini sangat penting untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat akan kebersamaan. Disamping itu juga sejak dahulu masyarakat Tasikmalaya dikenal dengan kehidupan bergotong royong. Simbol gambarnya diambil dari salah satu hasil kerajinan masyarakat Kota Tasikmalaya.c. Bagian Dasar terdiri dari :
Bentuk Dasar Logo
Bentuk Tameng/Perisai yang sudah distilasi (penyederahanaan bentuk). Tameng adalah suatu alat untuk melindungi seseorang dari serangan musuh dan telah dibuktikan keampuhannya. Begitu juga pada logo ini tameng dimaksudkan sebagai wadah untuk melestarikan atau melindungi sumbol-simbol masyarakat Kota Tasikmalaya.



(3) Warna dalam Lambang Kota Tasikmalaya mempunyai arti sebagai berikut :
1. Warna hijau bermakna masyarakat religius ;
2. Warna biru pada gunung bermakna kenangan atau panineungan ;
3. Warna biru muda bermakna kedamaian ;
4. Warna Kuning mengandung arti keemasan atau kejayaan ;
5. Warna Merah dan Putih melambangkan bendera yaitu sebagai simbol pemersatu antar etnis, suku dan agama ;

(4) 
Bentuk, warna dan ukuran lambang sebagaimana tercantum dalam Lampiran Peraturan Daerah ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan. 

No comments:

Post a Comment

linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...