Saturday 7 September 2013

Sejarah Desa Sukamaju, di Kecamatan Ciawi

Desa Sukamaju merupakan salah satu desa yang ada di wilayah Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya yang mempunyai luas wilayah 264.464 ha, dengan batas wilayah sebagai berikut :
  • Sebelah Selatan : Desa Sukapancar
  • Sebelah Barat : Desa Pagersari
  • Sebelah Utara : Desa Sukadana
  • Sebelah Timur : Desa Tanjungsari

Desa Sukamaju merupakan desa dengan topografi berupa pesawahan yang terdiri dari 6 kedusunan (Dusun Kiarapandak, Dusun Sukamaju, Dusun Margaluyu, Dusun Ciakar, Dusun Pasirtamiang, Dusun Tanjungjaya), 6 RW dan 28 RT. Jarak tempuh dari desa ke ibu kota kecamatan 3 km dengan waktu tempuh 20 menit sedangkan ke ibukota Kabupaten sejauh 33 km dengan waktu tempuh 1,5 jam.

Sejarah Desa

Desa Sukamaju berasal dari nama Desa Kiarapandak kemudian pada tahun 1980 M dirubah menjadi Desa Sukamaju, yaitu berdasarkan kesepakatan para tokoh/sesepuh desa menjadi Desa Sukamaju.

Perkembangan Sejarah Desa

Tahun atau Periode : 1926 s/d 1940
Kepala Pemerintahan : Bpk.Surapraja (Alm.)
Dibawah kendali penjajah Belanda Bpk. Lurah Surapraja memimpin Desa Kiarapandak selama 14 tahun dan mulai menata Desa Kiarapandak dengan membuat sarana-sarana sosial atau umum secara gotong royong dengan masyarakat bukti dari semua itu maka misi terbangun 3 saluran air yang besar untuk mengairi lahan pertanian. Beliau berhenti karena usia yang sudah lanjut.
Tahun atau Periode : 1940 s/d 1948 Kepala Pemerintahan : Bpk.Suryapraja
Pada masa kepemimpinan beliau meneruskan berbagaia program pembangunan yang telah dirintis sebelumnya dengan cara gotong-royong/ kerja bakti. Beliau juga mengembangkan sektor pertanian padi sawah dan padi darat atau istilah masyarakat pad hama. Seiring lanjutnya usia beliau maka beliau berhenti dari jabatan kepala Desa Kiarapandak pada tahun 1948. Beliau menjabat kepala Desa Kiarapandak selama 8 tahun.
Tahun atau Periode : 1948 s/d 1963 Kepala Pemerintahan : Bpk.Ganda (Alm.)
Pada periode ini kepala Desa Kiarapandak dijabat oleh Bpk. Kuwu Ganda (Alm.). Beliau melanjutkan dan memperbaiki atas berbagai pekerjaan yang ditinggalkan oleh kepala Desa sebelumnya. Namun pada masa jabatan beliau lebih disibukan dengan membantu pihak TNI dalam menghadapi gangguan keamanan dari pihak DI/TII. Beliau berjuang memimpin Desa Kiarapandak selama 16 tahun dan berhenti karena faktor usia yang sudah lanjut.
Tahun atau Periode : 1963 s/d 1982 Kepala Pemerintahan : Bpk.Damini (Alm.)
Kemudian pada periode ini kepala Desa Kiarapandak dijabat oleh Bpk. Kuwu Damiani (Alm.). Pada awal kepemimpinannya pun beliau masih disibukan dengan membantu pihak TNI dalam menghadapi gangguan keamanan dari pihak DI/TII. Dalam masa ini pula gangguan DI/TII tersebut bisa terselesaikan. Kemudian beliau bersama dengan masyarakat secara gotong-royong meneruskan pembangunan dan berhasil dengan membangun beberapa irigasi, gedung sekolah dasar yaitu SDN Sukamaju, Margarahayu dab Tejasirna. Selain itu juga beliau bisa membangun jembatan-jembatan dan kantor Balai Desa. Beliau menjabat kurang lebih 20 tahun.
Tahun atau Periode : 1982 s/d 1990 Kepala Pemerintahan : Bpk.Manda (Alm.)
Kemudian pada periode ini kepala Desa Kiarapandak dijabat oleh Bpk. M. Khobir yang lebih dikenal dengan nama Kuwu Manda. Sebagaiamana para pendahulunya beliau bersama dengan masyarakat membangun dan menata desa secara gotong-royong dan dengan bantuan pemerintahan pada masa beliau bisa membangun Balai Desa yang permanen dan juga merehab irigasi-irigasi yang sudah pada rusak karena sudah terlalu lama. Pada masa beliau Desa Kiarapandak dirubah menjadi Desa Sukamaju. Beliau menjabat kepala Desa Sukamaju selama 8 tahun.
Tahun atau Periode : 1990 s/d 1995 Kepala Pemerintahan : Bpk. Saad
Kemudian pada periode ini kepala Desa Sukamaju dijabat oleh Bpk. Saad. Pada masa kepemimpinan beliau ini, Desa Sukamaju yang terdiri dari 3 kampung mulai di mekarkan menjadi 6 kampung. Beliau menjabat Kepala Desa kurang lebih 4 tahun.
Tahun atau Periode : 1995 s/d 2003 Kepala Pemerintahan : Bpk. Ucen
Kemudian pada periode ini kepala Desa Sukamaju dijabat oleh Bpk. Ucen. Beliau kantor desa. Beliau juga bisa merehab irigasi yang sudah pada rusak, disamping itu juga bisa mengaspal jalan desa. Beliau menjabat selama 8 tahun.
Tahun atau Periode : 2003 s/d 2004 Kepala Pemerintahan : Bpk. E.Sumardi
Bapak E. Sumardi menjabat kepala desa sementara karena beluma ada kepala desa yang defenitif. Jabatan beliau yang sebenarnya adalah sekretaris desa. Beliau menjabat selama 1 tahun.
Tahun atau Periode : 2004 s/d 2005 Kepala Pemerintahan : Bpk. K.Purkon
Bapak K. purkon menjabat kepala desa sementara karena belum ada kepala desa yang defenitif. Jabatan beliau yang sebenarnya adalah Kesra. Beliau mnejabat selama 6 bulan.
Tahun atau Periode : 2005 s/d 2009 Kepala Pemerintahan : Bpk.E.Kusniadi
Kemudian pada periode ini kepala Desa Sukamaju dijabat oleh Bpk. Engos Kusmiadi. Pada masa beliau Desa Sukamaju banyak mendapatkan bantuan dari pemerintahan pusat dan daerah. Pada masa kepemimpinannya jalan desa bisa diaspal dan banyak irigasi yang diperbaiki. Beliau menjabat kepala desa selama 5 tahun.
Tahun atau Periode : 2009 s/d sekarang Kepala Pemerintahan : Toto Sasmita
Bapak Toto Sasmita mulai menjabat dari tahun 2009, pada masa beliau turun program PNPM Mandiri Pedesaan sehingga semua madrasah bisa diperbaiki dengan program tersebut. Selain itu juga adanya program Anggaran Dana Desa yang digunakan untuk pengaspalan jalan dan pembangunan kirmirnya.

Sumber : http://sukamajutasikmalaya.blogspot.com/2013/04/sejarah-desa.html

1 comment:

linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...