Tuesday 20 May 2014

Gunung Cakrabuana tapal batas 5 Kabupaten

Puncak Gunung Cakrabuana memiliki ketinggian 1721 meter diatas permukaan laut. Gunung ini memiliki sejarah penting dalam perjalanan peradaban Sunda. Pada masa lalu merupakan tapal batas antara Kerajaan Galuh dan Kerajaan Pakuan Pajajaran, ini terlihat pada situs tugu batu jejer yang berada di puncak gunung ini.
Pada masa perang Kemerdekaan tempat ini adalah jalur utama Long March Divisi Siliwangi menuju Yogya dan saat kembali dari Yogya. Dan di tempat inilah terjadi pertempuran antara Pasukan TNI Siliwangi melawan pemberontak DI/TII yang menewaskan banyak prajurit TNI yang baru tiba dari Yogya. Karena merupakan daerah strategis yang dikuasai DI/TII maka gunung ini termasuk ke dalam sasaran operasi TNI yang bernama Pagar Betis untuk menumpas pemberontak DI/TII.


Saat ini Cakrabuana merupakan tapal batas antara 5 (lima) Kabupaten di Provinsi Jawa Barat yaitu Kabupaten Garut (Malangbong), Kabupaten Tasikmalaya (Pagerageung), Kabupaten Majalengka (Lemah Sugih), Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Sumedang berada di 3 desa yaitu desa Cimungkal, desa Ganjaresik dan Desa Sukanyiru.


Referensi : 

http://wikimapia.org/16898246/id/Puncak-Gunung-Cakrabuana

No comments:

Post a Comment

linkwithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...